Jumat, 18 November 2011

PERAN KEPAL-D BERBASIC PETERNAKAN

Spesial untuk KEPAL- D yang sedang Ulang Tahun

Sebelum saya ngucapin selamat ulang tahun kepada PECINTA ALAM KEPAL-D Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor. Sungguh waktu memang berjalan begitu cepatnya. Dan sampai saat ini KEPAL-D menjadi icon percontohan pandangan lingkungan secara lestari. Hal tersebut yang menjadi titik keistimewaan KEPAL-D selama ini.
Peranan KEPAL-D di Fakultas Peternakan sesungguhnya sangat potensial. Organisasi dengan basic lingkungan yang lestari dengan dasar peternakan. Dua istilah yang menurut saya sangat berhubungan, yaitu : lingkungan dan peternakan. Selama ini, lingkungan sangat identik dengan fakultas kehutanan. Akan tetapi, bila kita masih bisa bernafas dan itu memerlukan oksigen maka kita pun berkewajiban penuh untuk pelestarian lingkungan tersebut. Dasar itu lah mengapa gerakan lingkungan sampai saat ini masih ada dan tidak akan pernah berhenti sampai nanti. Selain itu, desain dari Tuhan yang maha Esa sudah sangat sistematik dan terarah. Sistematik dan terarah ini diartikan bahwa makhluk hidup sudah digariskan untuk hidup berdampingan dengan makhluk hidup lainnya dalam suatu ekosistem. Apabila disuatu ekosistem tersebut ada yang salah, maka akan mengganggu kehidupan makhluk lainnya. Suatu misal, kasus wereng coklat (Nilaparvata lugens) yang meledak bulan-bulan lalu. Hal tersebut karena predator wereng sudah tidak ada lagi seperti katak dan kodok. Selain itu pemakaian pestisida secara berlebihan mangurangi populasi predator tersebut dan mempertebal wereng (menurut beberapa penelitian dibidang pertanian). Hal tersebut salah satu alasan mengapa penggiat lingkungan dibutuhkan.
Penggiat lingkungan tercipta dari masalah manusia tidak bisa hidup tanpa adanya alam. Minimal anggota penggiat lingkungan itu tahu bahwa lingkungan itu perlu dilestarikan, tetapi bukan diartikan bahwa lingkungan tidak dimanfaatkan. Pemanfaatan secara berlebihan akan memperburuk dampak alam yang ada. Hal tersebut sudah banyak buktinya dan menbuat kita miris melihat kondisi tersebut terutama ketika perekonomian negara dikaitkan dengan pemanfaatan alam secara berlebihan.
Teman-teman KEPAL-D, semoga ini menbuat sadar kita bahwa kesadaran dan gerakan lingkungan masih diperlukan sampai nanti. Perjuangan teman-teman sangat diperlukan untuk pelestarian lingkungan kita, minimal Fakultas Peternakan kita. (DE)

0 komentar:

Posting Komentar