Senin, 21 November 2011

PERANAN RAPTOR SEBAGAI POTENSI EKOWISATA

Hasil Seminar UKF EXPO 2011


Tahun ini Seminar yang diadakan oleh Uni Konservasi Fauna IPB bertema satwa raptor yang berkaitan dengan potensi ekowisata. Hal ini ditinjau dari burung raptor endemik dan migran yang selama bulan- bulan terakhir ini melintas dikawasan Indonesia menjadi daya tarik para wisatawan untuk menjadi peluang pariwisata berbasis konservasi. Akan tetapi konservasi dengan pemanfaatkan raptor apakah sangat diperlukan sehingga konservasi raptor dan ekowisata tetap berjalan.


Ilustrasi
 

Seminar yang dimoderatori oleh Zulham dari Internasional Animal Rescue (IAR) mendapat informasi penting tentang raptor dan ekowisata. Pembicara-pembicara dari beberapa pihak antara lain : Teguh Hartono menyampaikan materi potensi indonesia sebagai potensi ekowisata, Ardi Andono menjelaskan potensi taman nasional gede pangrango sebagai potensi ekowisata raptor, Asman Adi Purwanto menjelaskan tentang raptor di Indonesia dan strategi konservasi berbasis ekowisata melalui peningkatan jaringan, dan Usep Suparman dari RCS menjelaskan potensi raptor sebagai salah satu potensi ekowisata.


“Peranan ekowisata selama ini sudah berkembang di negara maju, akan tetapi Indonesia belum” kata Teguh Hartono. Usep Suparman menambahkan bahwa minat wisatawan dalam negeri belum pernah ada, selama ini, potensi wisatawan dari Jepang yang sangat antusias berekowisata. Ekowisata yang terdapat di Taman Nasional Gede pangrango salah satunya, menurut Ardi Andono, potensi keaneragaman taman Nasional Gede pangrango yang tinggi menjadi peluang ekowisata memberikan pendapatan yang tinggi, yaitu sekitar 2,44 milyar. Asman Adi Purwanto menambahkan apalagi potensi indonesia sebagai jalur burung migran menjadi ketertarikan tersendiri bagi wisatawan.

Kesimpulan seminar ini adalah potensi raptor sebagai potensi ekowisata sangat tinggi. akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah konservasi raptor yang paling diutamakan. Selain itu, ekowisata harus menunjang konservasi raptor sehingga raptor tersebut dapat dilestarikan. [DEN]

0 komentar:

Posting Komentar