Senin, 07 November 2011

SEMINAR HASIL PENELITIAN DOMBA AKHIR KEBUNTINGAN DAN LAKTASI

Departemen ilmu nutrisi dan teknologi pakan, pada tanggal 03 November 2011 menggelar “Seminar hasil penelitian Tentang domba akhir kebuntingan dan Laktasi” di Ruang Seminar INTP Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor.
Seminar ini disajikan oleh Dendy Vidianto, moderator Julia Saraswati, pembahas mahasiswa Nunu Ainul Qitri, notulen Eka Permana, dosen pembahas Dr. Despal S.Pt,MSc. Agr, dosen pembimbing Ir. Lilis Khotijah, M.Si, dan dosen penitia Ir. Lidy Herawati, MS.
Seminar ini merupakan salah satu seminar rutinitas bagi mahasiwa untuk syarat lulus dari Institut Pertanian Bogor. Tujuan hasil penelitian seminar ini adalah mengkaji pengaruh ransum dengan sumber protein tepung ikan dan bungkil kedelai pada domba akhir kebuntingan terhadap penampilan induk bunting dan anak pra sapih domba lokal.
Dalam seminar ini dibahas permasalahan domba akhir kebuntingan dan laktasi yang membutuhkan nutrisi lebih tinggi dibandingkan fase lainnya sehingga mempengaruhi reproduksi induk dan produksi anak. Tingginya kebutuhan domba akhir kebuntingan akan protein dan energi diharapkan mampu menghasilkan bobot lahir anak yang tinggi dan mortalitas yang rendah.
Berdasarkan analisis sidik ragam menunjukkan bahwa ransum dengan suplementasi tepung ikan dan bungkil kedelai tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap penampilan reproduksi dan produksi induk serta produksi anak.

2 komentar:

Posting Komentar